Manfaat Teknologi Streaming

Manfaat teknologi streaming didalam proses kehidupan dunia modern dan masa depan yang bukan hanya bermanfaat bagi pertumbuhan dunia brodcasting dan penyiaran digital semata, bahkan lebih dari itu. Teknologi Live Stream yaitu teknologi pendistribusian data video dan audio yang telah terkompresi pada jaringan komputer memiliki manfaat yang lebih besar yang bukan sekedar untuk hiburan semata.

DISTANCE LEARNING.

Pembelajaran jarak jauh antara pengajar dengan peserta didik yang berada di tempat yang berbeda dapat dipertemukan pada sebuah kelas maya yaitu pada satu channel layanan streaming. Dengan penggunaan teknologi streaming maka interaksi face-face dan komunikasi antara pengajar dengan peserta didik baik dengan konsep point to point ataupun konsep point to multi point dapat dilakukan.


Namun sayangnya pemanfaatan teknologi streaming untuk peningkatan pembelajaran di Indonesia masih dikuasai atau diselenggarakan oleh Institusi pendidikan yang memiliki pendanaan yang cukup besar hal ini disebabkan infrastruktur yang dibutuhkan khususnya bandwidth yang disediakan harus dalam jumlah yang besar terutama dalam konsep point to multipoint.

Namun sebenarnya proses ini bisa disikapi dengan Yalla Shoot solusi penggunaan sistem jaringan multicast yang tentunya hal ini akan mengurangi beban penggunaan bandwidth yang besar.